Bagaimana cara merawat perabotan kayu agar tahan lama?


1. Membuat larutan cuka

Campurkan secangkir cuka putih dengan secangkir air. Solusi pembersihan ringan ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari pada perlengkapan alat rumah tangga yang terbuat dari kayu. Hal itu akan melindungi lapisan pada kayu.
Jika Anda tidak suka membersihkan dengan cuka, Anda bisa menggunakan larutan sabun ringan sebagai gantinya. Campurkan satu sendok teh sabun cuci piring dengan secangkir air.

Jangan gunakan pembersih serba guna yang keras untuk perabotan anda. Mereka dapat menyebabkan perubahan warna dan melengkung.

2. Lap bagian luar perabotan setelah dimasak

Lemak dan partikel makanan dapat menumpuk di permukaan kabinet setiap Anda selesai memasak. Contohnya, anda dapat menggunakan lap bersih lalu celupkan ke dalam larutan cuka untuk anda gunakan ketika akan mengelap pintu lemari dan bagian bawah lemari.
Peras kain yang Anda gunakan agar lembab, tetapi tidak menetes.

3. Bersihkan produk perabotan kayu anda secara teratur

Untuk akumulasi debu ringan, gunakan kain lembut dan kering untuk membersihkan permukaan interior dan eksterior kabinet. Minyak dan uap yang dihasilkan selama memasak akan menempelkan debu pada permukaan kabinet, sehingga lebih sulit dibersihkan jika Anda jarang melakukannya.

4. Gunakan soda kue untuk menangani kotoran yang lengket pada perabotan anda.

Tumpahan makanan yang dibiarkan dalam waktu lama dapat mengeras dan menjadi sangat sulit untuk dihilangkan. Soda kue bertindak sebagai abrasif ringan yang akan menghilangkan zat kering tanpa merusak kayu Anda. Campurkan soda kue dengan air secukupnya. Celupkan kain ke dalam campuran tersebut dan gunakan untuk menggosok zat yang menempel.
Jika zat masih tidak mau mengalah, oleskan campuran dan biarkan meresap selama 15 menit sebelum Anda menggosoknya.

5. Lindungi kayu menggunakan pelapis beeswax

Anda dapat menggunakan pelapis beeswax untuk menjaga kayu anda tidak mudah lapuk. Gunakan beeswax dengan mengamplas permukaan kayu, lalu aplikasikan beeswax pada media kayu menggunakan kain bersih, anda dapat menggunakannya seminggu sekali.

Eksterior kabinet yang dipoles akan memberi dapur Anda tampilan yang hangat dan berkilau dengan menonjolkan karakter kayu yang sebenarnya. Kebanyakan poles akan meninggalkan kilau tinggi atau kilau rendah, jadi pilihlah yang sesuai dengan tampilan dapur Anda.

 

Newsletter

Subscribe newsletter kami dan anda bisa mendapatkan berita terbaru, penawaran spesial, dan diskon khusus.